Sabtu, 06 September 2008

MUSIK : PENGHIBUR DAN SELALU ROMANTIS

Serial Musik.
Kata orang stress yang berlebihan akan membuat sakit jiwa, jantungan, diabetes akut dan juga mungkin bisa kena kanker otak. Sekali - kali kita menganalisa tentang trend musik di Indonesia.
Perlu kita ketahui bahwa dalam kurun waktu 7 tahun terakhir telah muncul group2 musik anak muda dengan lagu2 melow nya yang romantis. Didukung dengan lyrik2 cinta dan kehidupan remaja, melodi guitar yang sedikit ngerock dan kemampuan oleh vokal serta aksi panggung menjadikan group band, seperti Raja, Dewa, ADA Band, GIGI, Peterpan, UNGU, Coklat, Samson, PADI, Kangen Band, RATU dll berhasil menjadikan blantika musik Indonesia kembali hidup. Penggemar2 musik jenis ini umumnya anak2 muda dan juga orang dewasa, dari Sabang sampai Merauke dan bahkan di Malaysia, Brunei, Singapore dan Hong Kong, lagu2 Indonesia memiliki penggemar tersendiri.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para manager mereka, pertama-tama pasar di Indonesia kelihatannya sudah mulai jenuh, seiring dengan lemahnya daya beli masyarakat. Kedua, faktor pembajakan lagu2, kalau kita lihat banyak sekali counter2 penjual CD 5000an di kota2 besar, tanpa tersentuh hukum. Ketiga, Ekspansi pasar ke Asia atau negara2 seperti tersebut diatas agar lebih agresif lagi dan Keempat, kalau pendengar dan juga pecinta musik lebih jeli lagi, mutu musik dan pemakaian bahasa Indonesia dalam lirik2 lagu2 yang sedang ngetrend masih banyak kelemahannya dan perlu perbaikan juga, karena musik adalah juga science and art .