Minggu, 05 Oktober 2008

EKONOMI INDONESIA TERANCAM KRISIS KEDUA

Serial Ekonomi.
Gara2 program financial bail out sebesar USD 700 milyar di Amrik, semua negara menjadi resah, para ekonom saat ini sibuk menghitung-hitung dampak ekonominya. Para pemimpin negara2 eropa juga mulai engga enak tidur karena adanya rumor2 bahwa krisis keuangan di Amrik akan merambat juga ke Eropa ( Contagion Effect ).
Bagaimana dengan Asia, mungkin bagi negara sekaliber China dan Jepang mereka pasti tenang2 saja karena fx surplus mereka diatas USD 1 T, yang resah mungkin boss2 negara berkembang seperti Indonesia, dengan hutang setumpuk.
Belajar dari krisis moneter pada tahun 1997 ( Krisis Jilid 1 ), yang dimulai dengan krisis moneter di Thailand dan merambat ke ASEAN dan akhirnya dibentuk BPPN untuk mengatasi krisis perbankan dan properti di Indonesia ( The Contagion Effect ). Darimanakah krisis ekonomi jilid 2 berawal, kredit macet di perbankan, inflasi tinggi banget, investor asing panik, rupiah anjlok diatas 10.000/USD dan diikuti kerusuhan sosial atau terulang lagi dari The Contagion Effect ( repeating the same pattern ) ?
Sekilas indikator ekonomi Indonesia, Kredit macet di perbankan, seperti kita ketahui bahwa assets2 perbankan yang terkumpul di BPPN telah dijual kembali ke perbankan atau investor lainnya dengan diskon yang cukup besar, dapatkah assets2 tersebut berproduksi atau akan menjadi kredit macet baru, klik saja disini http://www.bi.go.id/web/id/ . Bagaimana dengan angka inflasi setelah pemerintah menaikkan harga BBM dalam negeri, klik saja disini
http://www.bps.go.id/sector/cpi/table3.shtml . Investor Asing Panik , nich bisa di klik disini
http://finance.yahoo.com/intlindices?e=asia cari grapiknya selama 5 tahun. Bagaiman dengan nilai tukar rupiah vs. dollar, sebagaimana kita ketahui sejak awal tahun 2008 nilai tukar rupiah selalu gonjang ganjing dan trennya melemah terus. Apabila investor asing dan investor institusi lokal sudah mulai resah dengan kondisi politik dalam negeri, waaah berabe nich mereka mulai beli dollar dan siap2 menarik investasi jangka pendeknya (hot money) dan kembali ke luar negeri. Pada posisi sebelum libur panjang rupiah kembali melemah ke posisi 9450 apabila angka psikologis 10.000 tembus dalam 2 minggu kedepan, maka target berikutnya 11.000. The Contagion Effect, istilah ini paling mengerikan ( non controlable ) atau external factors ... hati2 ya bisa terjadi bisa enggga kita lihat sampai akhir tahun, indikasinya ... ?