Kamis, 02 Oktober 2008

GLOBAL FINANCIAL CRISIS - PANICK

Serial Pasar Modal Global.
Gonjang ganjingnya pasar di Amrik, membuat investor Indonesia tidak bisa tidur, bukan karena kekhawatiran akan diuber-uber aparat pajak oleh Sunset Policynya, tetapi banyak investor Indonesia yang rugi besar2an karena investasinya anjlok di Amrik, Australia, Hong Kong dan Singapore. KokBisa Begitu, pertama, karena gencarnya marketing dari bank2 asing menawarkan kepada mereka produk2 finansial seperti : Reksadana Luar Negeri, Obligasi dan juga produk2 investasi lainnya yang ada di Global Market.
Ketidak tahuan Investor lokal dengan iming2 return (tingkat pengembalian) yang tinggi membuat investor lokal ( terutama ibu2) tergiur untuk menginvestasikan dana nya di Luar Negeri. Pada saat ini saya perkirakan investor lokal mengalami kerugian sekitar 40 persen dengan kata lain dana investasi awalnya tinggal 60 persen saja dan bahkan bisa hilang semuanya apabila di investasikan di perusahaan2 akan / mendekati bangkrut di Amrik.
Disini pentingnya peran konsultan investasi independen, paling tidak dapat ber tanya2 dulu sebelum investasi dilakukan, sebagai "second opinion."
Nantikan : 1. TIPU2 Di Pasar Modal &Uang; 2. The Contagion Effect; 3. Kaya Raya bermain saham & Valas