Senin, 16 Februari 2009

SAHAM MURAH BANGET

Serial Saham.
Sejak Obama dilantik menjadi Presiden Amrik pada tanggal 20 Januari 2009, ekonomi amrik belum kelihatan tanda2 akan pulih dalam waktu dekat. Walaupun congres Amrik telah menyetujui " stimulus package" sebesar USD 787 Milyar, tetapi para pelaku pasar masih belum bereaksi positif, Indeks Dow Jones, pada hari ini, 17 Februari 2009 berada pada 7850 atau turun sebesar 5,2% sejak awal tahun. Secara umum pasar global Sepi Pemain, hal ini terkait dengan banyak nya skandal keuangan di Pasar dan juga banyaknya investor rugi, sehingga kapok berinvestasi atau paling tidak lebih berhati-hati lagi.
Bagaimana dengan bursa di Indonesia, sami mawon Sepi Investor. Walaupun harga saham sudah berjatuhan dan boleh dikatakan murah, akan tetapi investor lokal sudah engga punya duit lagi.
Pertama-tama, dana mereka sudah terjebak pada IHSG di kisaran 2000an, terutama pada saham BUMI dan Groupnya, serta pada saham ANTM, TINS & PGAS. Kedua, rupanya pasar Indonesia ketularan Skandal juga, BAHAYA ada KPK !!!. Ketiga, investor besar / institusi masih menunggu laporan keuangan para emiten ( Audited lho dan yang bener2 nge-audit nya ) untuk 2008, yang biasanya mulai keluar pada pertengahan Maret dan sepanjang bulan April. Mungkin yang perlu di perhatikan para investor adalah kerugian kurs & rugi karena derivative, ini juga akan menekan laba perusahaan dan keempat, Pemilu biasanya investor regional ( hot money ) resah, ketidak pastian tinggi, yaaa lari dulu saja, hal ini yang juga membuat nilai tukar rupiah trendnya melemah, saat ini berada dikisaran Rp. 11700 - 12000/USD, tapi hati2 juga bisa ke Rp. 15000 lho.
Anyway, kita lihat saja chart pada masing2 saham dan sektornya ( mungkin ini cara cepat untuk menentukan investasi anda pada saham ) - Technical Analysis, apabila grapik saham itu sudah menunjukan tekanan jual ( oversold ) anda sebaiknya sudah siap2 untuk membelinya, paling tidak secara bertahap.
Dan jangan lupa pada saat ini dimana nilai transaksi yang tipis, sebaiknya harus pandai2 melakukan alokasi dana dan selalu berinvestasi untuk jangka panjang, hindari bermain jangka pendek dan menggunakan fasilitas margin. Jangan Kejeblos terus2an, cukup dua kali saja.
Rekomendasi saham minggu ini : BELI ( Long Term ) : BUMI / DEWA / ADHI / WIKA / ANTM / INDF / ADRO /BYAN / BLTA & HEXA